Senin, 12 Januari 2009

MENGENAL NEGARA NEW MEXICO Oleh : Drs. Supiya, S.Pd

MENGENAL

NEW MEXICO
( Negara Bagian USA )


A. Sejarah berdirinya New Mexico
New Mexico merupakan salah satu dari negara bagian Amerika Serikat, yang saat ini mencapai 50 negara bagian. Negara ini berdiri pada tanggal 9 Januari 1912 dengan ibukotanya Santa Fe.
New Mexico pertamakali ditemukan oleh seorang penjelajah Spanyol mencari emas tahun 1540-1542 yang bernama Francisco Vasques de Coronado. Kemudian mendirikan pemukiman di sepanjang pinggiran sungai Rio Grande yang diberinama Santa Fe. Dan warga yang menempati daerah ini kebanyakan berasal dari pengungsi dari perang Meksiko tahun 1848 – 1853.

B. Lokasi New Mexico
New Mexico merupakan negara bagian amerika serikat berbatasan dengan Colorado (cébela barat laut), Arizona dan Utah (sebelah selatan), Texas dan Oklahoma (sebelah utara), dan Hawai (sebelah timar laut) . Luas daerahnya hádala 314.312 km perseguí.

C. Geografi dan Keunikan New Mexico
New Mexico berada sebagai besar dibantaran sungai Rio Grande yang memiliki ketinggian hampir 1.737 meter dari permukaan laut. Kondisi topografisnya yang ditandai oleh padang pasir yang luas, banyak hutang yang bergunung-gunung seperti gunung Rocky dan gunung Sangre de Cristo. Kemudian disebelah barat daya terdapat dataran tinggi, yang ditumbuhi kaktus, semak, rumput dan gurun. Air langka di wilayah ini dan hujan sedikit turun dan cepat terjadi penguapan.
Sungai Rio Grande dan San Juan digunakan untuk irrigáis yang utama, sedangkan yang lain sebagai irrigáis hádala proyek reklamasi Carlsbad di Fort Sumner, proyek Tucumcari, Proyek Colorado River Basin.
Sejak 1945, New Mexico telah menjadi pemimpin dalam penelitian dan pengembangan energi lengkap dengan percobaan yang dilakukan di Los Alamos dan Sandia Ilmiah Laboratorium dalam nuklir, solar, dan panas bumi daerah.

D. Ekonomi dan Sosial-Budaya New Mexico
Mineral hádala sumber daya alam, dan New Mexico merupakan salah satu yang terbesar dalam menghasilkan uranium dan garam. Minyak bumi, gas alam, tembaga, emas, perak, seng, timah, sebagai sumber pendapatan negara.
Pokok produksi industri termasuk makanan, bahan kimia, peralatan transportasi, kayu, mesin listrik, tanah liat dan batu-produk-kaca. Lebih dari dua pertiga dari New Mexico pendapatan berasal dari produk ternak, khususnya domba. Kapas, pecans, dan sorghum yang paling penting adalah bidang perkebunan. Jagung, kacang tanah, kacang-kacangan, bawang, chilies, lettuce dan juga berkembang.
Wisata termasuk Taman Nasional, prasasti Rock di El Morro Monumen Nasional, di reruntuhan di Fort Union, mementos di Lincoln, dan Gila Cliff rumah Monumen Nasional, Bandelier Monumen Nasional, dan Budaya Nasional Chaco Riwayat taman.
Pertanian di daerah kering, sebagian besar tanaman yang ada dan sorghum butir. Bawang, kentang, dan produk susu juga penting. Selain itu, piñon kacang, kacang-kacangan belang-belang, dan khususnya tanaman chilis adalah karakteristik dari New Mexico. Selain itu juga Pinewood adalah pemimpin kayu komersial.
Sebagian besar dari pendapatan negara berasal dari kekayaan mineral yang cukup besar. New Mexico adalah produsen terkemuka dari bijih uranium, bijih manggan, kalium karbonat, garam, perlite, bijih tembaga, gas alam, berili, dan timah. Minyak bumi dan batu bara yang juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil. Pirus dan perak telah digunakan dalam pembuatan perhiasan sejak lama sebelum eksplorasi Eropa.

E. Penduduk New Mexico
Jumlah Penduduk New Mexico berdasarkan sensus penduduk 2000 kurang lebih 1.954.599 jiwa atau peringkat 36 dunia, yang terdiri penduduk laki-laki 49,2% dan penduduk perempuan 50,8 %. Sedangkan berdasarkan ras, kulit putih 66,8 % kulit hitam 1,9 %, Ameritan Indian 9,5 %, Asia 1,1 %, ras lain 17,0 %

F. Pemerintahan
Nama Negara : New Mexico
Singkatan Negara / Kode Pos : NM
Nama Julukan Negara : Land of Enchantment. (Tanah Pesona)
Ibukota Negara : Santa Fe
Nama Gubernur : Hill Richardson
Senator : Jeff Bingaman
Kota Terbesar : Albuquerque
Wilayah : urutan ke 5
Penduduk : urutan ke 36
Kepadatan penduduk : 6 orang/km persegi
Masuk menjadi negara bagian : urutan ke 47, tanggal 6 Januari 1912
Letak astronomis : 31020’ LU – 370 LU dan 1030BB – 1090BB

Alamat / Sumber data :
http://www.intoplease.com/ipa/A0108250.html.
http://www.ocf.berkeley.edu/~celina/history.html.
http://www.governor.state.nm.us/history.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_bagian_di_Amerika_Serikat
http://id.wikipedia.org/wiki/New_Mexico
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=New_Mexico&oldid=1923750

Tidak ada komentar: